kadis

LHOKSEUMAWE — Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia, membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada 296.063 pelajar dan siswa di Provinsi Aceh. Sementara untuk Kota Lhokseumawe terdapat 5.454 KIP.
“Untuk Lhokseumawe kita terima 5.454 KIP. Sudah kita bagikan kepada semua anak di empat kecamatan,” ujar Rusli, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Kota Lhokseumawe, Jumat (13/5/2016).

Ia menambahkan, kartu tersebut langsung dibagikan oleh distributor yang ditunjuk langsung oleh Kemendikbud. Katanya, pihak dinas melalui sekolah-sekolah hanya membantu mendata para siswa, sementara pembagian dilakukan langsung oleh pihak kementrian.

Pemegang kartu tersebut nantinya akan mendapat tunjangan berupa uang untuk biaya pendidikan. Untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) mendapatkan Rp225 ribu per semester, Untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) mendapatkan Rp375 ribu per semester dan jenjang Sekolah Menengah Atas (SM) mendapatkan Rp 500 ribu per semester,” ujar Setya.

Kartu Indonesia Pintar diperuntukkan untuk anak-anak sekolah mulai umur 6 tahun sampai batas umur 21 tahun. Pemegang kartu tersebut nantinya akan mendapat tunjangan berupa uang untuk biaya pendidikan.

Seperti diketahui, Kartu Indonesia Pintar (KIP) merupakan program peningkatan pendidikan yang digalakkan oleh Presiden Joko Widodo. KIP diberikan sebagai penanda dan digunakan untuk menjamin serta memastikan seluruh anak usia sekolah (6-21 tahun) dari keluarga pemegang KKS.

Untuk mendapatkan manfaat dari Program Indonesia Pintar, para anak-anak harus terdaftar di Sekolah, Madrasah, Pondok Pesantren, Kelompok Belajar (Kejar Paket A/B/C) atau Lembaga Pelatihan maupun Kursus.
[Zulfikar Husein]

Halaman ini Sudah dilihat Sebanyak
121 Kali